Metodelogi penelitian mempelajari dan memahami pengertian dan jenis-jenis penelitian, tujuan dan peranan serta persyaratan penelitian, konsep dan metodelogi penelitian. Mata kuliah ini  untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami dasar-dasar ilmiah dan membuat kerangka metode penelitian  yang berhubungan dengan farmasi dalam pengembangan kemampuan untuk menyelesaikan tugas akhir (Skripsi).


Mata kuliah Pharmapreneur I merupakan mata kuliah yang membahas tentang iktiar batin dan iktiar zohir, konsep bisnis Usman bin Affan, konsep bisnis Abdurrahman bin Auf, konsep rezeki, sidik jari kemenangan, perisai langit, golongan kanan, simpul perdagangan, perisai langit, pembeda abadi pelangi iktiar, misteri duit 1 (Kompas kehidupan, efek kausalitas, dan bebas finansial. Misteri duit 2 (Rumus kekayaan dan Raja perniagaan), misteri duit 3 (Roket  Akselerasi, Bangun Pasukan, dan Kunci Kekayaan).

Mata kuliah Toksikologi Klinik merupakan mata kuliah wajib yang terdiri dari 2 SKS teori. Toksikologi Klinik adalah mata kuliah yang Mata kuliah ini mempelajari aspek keracunan akut, disengaja, tidak disengaja, kronis dalam tubuh manusia, identifikasi racun, diagnosis keracunan, tatalaksana terapi keracunan yang tepat pada keracunan obat, pestisida, makanan da nminuman, logam berat, serta narkotika.. Materi dalam mata kuliah ini sangat peting bagi mahasiswa farmasi khususnya dan mahasiswa jurusan kesehatan pada umumnya mengingat bahwa obat adalah salah satu golongan senyawa yang memiliki efek toksik / racun. Tujuan dan manfaat dari mata kuliah ini adalah membarikan pengetahuan dan pemahamam kepada mahasiswa tentang Mata kuliah ini mempelajari aspek keracunan akut, disengaja, tidak disengaja , kronis dalam tubuh manusia, identifikasi racun, diagnosis keracunan, tatalaksana terapi keracunan yang tepat pada keracunanobat, pestisida, makanan dan minuman, logam berat, serta narkotika.


Mata kuliah Formulasi dan Teknologi Sediaan steril berisi Pengantar sediaan parenteral, biofarmasetika sediaan injeksi, sediaan parenteral volume kecil, Pengolahan air  untuk sediaan parenteral/steril, elektrolit dan adjuvant dalam formulasi sediaan parenteral, Sediaan parenteral volume besar (Large Volume Parenterals), Formulasi sediaan ophthalmic, Teori, konsep dan prinsip-prinsip sterilitas dan sterilisasi, Prinsip-prinsip pemastian/penjaminan sterilitas, Bahaya, sumber-sumber dan cara mendeteksi keberadaan partikel di dalam sediaan parenteral, Karakteristik dan persyaratan berbagai tipe pengemas (wadah dan tutup) sediaan parenteral, Prinsip-prinsip pengendalian ruangan aseptik dalam produksi steril.