Teknologi Bahan Alam

Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar mengenai ruang lingkup pengetahuan tentang sumber bahan alami (tumbuhan, hewan, mineral, dan sumber lainnya) yang digunakan sebagai calon bahan obat, cara pembuatan obat bahan alam dan pengujian serta standarisasi bahan baku dan produk formula obat bahan alam.


Mata kuliah Teknologi Farmasi berisi pokok-pokok bahasan industri farmasi, bangunan dan fasilitas industri farmasi, cara pembuatan obat yang baik (CPOB), cara pembuatan obat tradisional yang baik (CPOTB), Petunjuk operasional penerapan CPOB & CPOTB , penunjang kritis industri farmasi, Industri Obat Tradisional dan Industri Ekstrak Bahan Alam

Tujuan Pembelajaran:

Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang industri farmasi, teori atau konsep dasar dalam penerapan Cara Pembuatan Obat Yang Baik (CPOB) yang meliputi pedoman penerapan serta petunjuk teknis dalam CPOB. Selain itu mahasiswa mendapat kesempatan untuk lebih mengembangkan kemampuan analisis, berpikir kritis dan berani mengemukakan pendapatnya sehingga akan meningkatkan rasa percaya diri.


Pertemuan Ke 1 :

1.       Tujuan Mata Kuliah

2.       Mata kuliah terkait

3.       Sistem pembelajaran

4.       Sistem penilaian

5.       Pokok Bahasan

6.       Pustaka acuan




Mata kuliah Pendidikan Akhlak Mulia berisi pokok-pokok bahasan mengenai konsep pendidikan berakhlak mulia, konsep hakikat manusia, pendidikan prenatal menurut berbagai pandangan agama, konsep akhlak mulia dengan penjual, konsep akhlak mulia dengan pembeli, konsep akhlak mulia dalam menyikapi teknologi, bimbingan doa dengan pasien, konsep akhlak mulia dengan berita hoax, tuntunan agama terhadap ibu nifas, pola asuh anak dalam perspektif agama, konsep bimbingan dan konseling agama pada pasien dengan berbagai situasi dan kondisi, konsep akhlak mulia menemukan barang dan konsep akhlak mulia ditempat kerja/magang.


Mata kuliah Farmakoekonomi membahas konsep ekonomi kesehatan dan Farmakoekonomi, peran Farmakoekonomi dalam sistem pelayanan kesehatan, deskripsi dan analisis biaya terapi; cara pengukuran outcome terapi, metode evaluasi Farmakoekonomi, yaitu : cost-minimization analysis, cost-effectiveness analysis, cost-benefit analysis, dan cost-utility analysis; analisis keputusan, pengukuran kualitas hidup dalam Farmakoekonomi; dan aplikasi Farmakoekonomi pada pelayanan Farmasi, aplikasi di community practice, managed healthcare settings, clinical centers, dan industri farmasi.


Mata kuliah Formulasi dan Teknologi Sediaan solid berisi Pendahuluan, parameter-parameter dalam preformulasi sediaan padat, garis besar formulasi sediaan, prinsip-prinsip pembuatan farmasetik, pencampuran, penggerusan, pengeringan, kompresi dan konsolidasi serbuk bahan padat, preformulasi, eksipien, sistem peralatan dalam pembuatan sediaan, formulasi, cara pembuatannya dan evaluasi, tablet, Metode dan bahan Pembuatan tablet, Tablet khusus, kapsul, suppositoria dan ovula, Evaluasi mutu sediaan solid, pembuatan dan pengemasan, desain protokol untuk pengembangan dan pengujian sediaan obat.


Matakuliah Kimia Fisika berisi ruang lingkup larutan, larutan ideal, larutan elektrolit, larutan non elektrolit, kesetimbangan kimia, larutan dapar, termodinamika, kinetika reaksi kimia, dan stabilitas obat.


Mata kuliah Kimia Medisinal berisi pokok-pokok Mata kuliah kimia medisinal menyajikan materi berisi arti, ruang lingkup, dan manfaat bagi kimia medisinal bagi farmasis. Memahami hubungan interaksi antara golongan obat dengan reseptornya dan hubungan antar struktur obat dengan aktivitas biologis. Modifikasi molekul dan rancangan obat yang rasional dan beberapa obat.

Mata kuliah Farmasi Komunitas ini mempelajari tentang pendirian apotek, studi kelayakan apotek, pengelolaan sediaan farmasi, sumber daya manusia, pengelolaan obat-obat expired date (ED), narkotika dan psikotropik, pelayanan resep, obat wajib apotek, dan obat bebas, perpajakan, pengendalian apotek dari persediaan farmasi, harga dan uang, manajemen keuanagan, jaminan mutu pelayanan farmasi, strategi pengembangan apotek, mengukur kinerja dan mengevaluasi kinerja farmasi.